Kenapa Harus Ikut JKN


Belanja asurasi, merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian orang. Tujuan yang paling mendasar adalah sebagai carapengalihan risiko. Pada asuransi kesehatan, risiko pembiayaan yang besar ketika sakit, dialihkan ke asuransi. Secara berkala, peserta asuransi bembayar premi. Setiap bulan, triwulan, atau sesuai kontrak di polis. Premi yang dibayarpun berbeda-beda. Tergantung fasilitas yang dijanjikan perusahaan asuransi komersial.

Tapi asuransi kesehatan saja tidak cukup. Diperlukan asuransi kesehatan sosial atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kenapa? Pertama, premi asuransi komersial relatif tinggi sehingga tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat. Kedua, manfaat yang ditawarkan umumnya terbatas.

Berbeda dengan asuransi komersial, asuransi sosial memberi beberapa keuntungan,  diantaranya pertama, memberi manfaat yang komprehensif dengan iuran yang terjangkau. Kedua, asuransi sosial menerapkan prinsip kendali biaya dan mutu, sehingga peserta bisa mendapatkan pelayanan bermutu memadai dengan biaya yang wajar dan terkendali, bukan terserah dokter atau RS. Ketiga, menjamin kepastian pembiayaan pelayanan kesehatan yang berkelanjutan (sustainabilitas). Keempat, memiliki portabilitas,  sehingga dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Inilah sebabnya seluruh warga negara wajib ikut JKN. Tidak lain dan tidak bukan tujuannya adalah untuk melindungi seluruh warga.
 
Ayo, ikut JKN. Mulai 1 Januari 2014, daftarkan diri dan keluarga Anda di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (dahulu PT Askes) terdekat.
 
Untuk informasi lebih lanjut tentang JKN, dapat menghubungi Halo Kemkes di nomor 500567, Hallo Askes di nomor 500400 atau mengunjungi  www.jkn.kemkes.go.id


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran