PEMBINAAN PENATAAN ARSIP ELEKTRONIK MEDIA BARU OPD DI DINAS KESEHATAN PROV BANTEN


Selasa, 16 April 2019

Curug - Menurut Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, pengertian mengenai arsip atau kintaka adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasiyang dibuat dan diterima oleh lembaga negarapemerintahan daerahlembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Arsip sangat berbeda dengan bahan pustaka yang terdapat dalam perpustakaan. Arsip mempunyai ciri khusus yang berbeda dengan bahan pustaka diantaranya adalah arsip harus autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah, informasinya utuh, dan berdasarkan asas asal usul (principle of provenance) dan aturan asli (principle oforiginal order).

Arsip terdiri dari 2 jenis, antara lain:

a. Arsip Konvensional; contoh: arsip kertas

b. Arsip Media Baru; contoh: arsip micro film, kaset dll.

Secara umum arsip memiliki fungsi untuk penunjang aktivitas administrasi, alat pengambil keputusan, bukti pertanggungjawaban, sumber informasi,dan wahana komunikasi. Selain itu memiliki fungsi primer dan sekunder.

1. Fungsi primer adalah nilai guna arsip yang didasarkan pada kepentingan pencipta arsip tersebut sebagai penunjang saat tugas sedang berlangsung maupun setelah kegiatan selesai, baik itu oleh lembaga/instansi pemerintah, swasta, maupun perorangan. Nilai guna pada arsip primer meliputi administrasi, hukum, keuangan, ilmiah maupun teknologi.

2. Fungsi sekunder adalah nilai guna arsip yang didasarkan pada kegunaan bukan untuk pencipta arsip melainkan bagi kepentingan lembaga/instansi pemerintah, swasta, perorangan dan juga kepentingan umum lain sebagai bahan bukti dan bahan pertanggungjawaban. Nilai guna skunder meliputi nilai guna pembuktian dan penginformasian.

Untuk mencapai fungsi arsip yang diharapkan dilakukan pembinaan pengelola arsip Dinas Kesehatan Prov Banten , dan pada hari Senin tanggal 15 April 2019 bertempat di Aula Gedung C lantai II Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dilaksanakan pertemuan Pembinaan Penataan Arsip Elektronik Media Baru di Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Pertemuan dihadiri oleh seluruh pengelola arsip Dinas Kesehatan Prov Banten  dan Pejabat Fungsional Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten sebagai petugas pembina. 

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran