PERTEMUAN KOORDINASI MENUJU VERIFIKASI KABUPATEN KOTA SEHAT TINGKAT NASIONAL 2019


Dinas Kesehatan Provinsi Banten melalui Bidang Kesehatan Masyarakat oleh Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja & Olahraga menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi Program Kabupaten Kota Sehat yang dilaksanakan pada hari Rabu 20 Februari 2019 di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Banten.  Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Ahmad Darajat, SKM, MKM) menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat merupakan program strategis yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan melalui pembentukan Forum Kab/Kota dengan dukungan pemerintah daerah dan mendapatkan fasilitas dari sector terkait melalui program yang telah direncanakan daerah untuk mencapai kondisi Kabupaten/Kota bersih, nyaman, aman dan sehat.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional pada Tahun 2019, mengevaluasi penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018 dan upaya pembinaan kepada daerah yang belum menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat.

Dalam kegiatan tersebut mengundang Forum Kabupaten/Kota Sehat se-Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Bappeda Kabupaten/Kota dan Tim Pembina Provinsi Banten yang terdiri dari OPD terkait .

Narasumber kegiatan tersebut adalah dari Direktorat Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI (Bapak Donald Simanjuntak, SKM, MKM) menyampaikan bahwa verifikasi akan dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu tahap verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan.

Prinsip Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat pada Tahun 2019 :

  1. Tidak ada lagi penurunan penghargaan
  2. Mengajukan Swastisaba wistara pertamaakses sanitasi berdasarkan Smart STBM sampai dengan bulan Desember Tahun 2018 minimal 60%;
  3. Mengajukan Swastisaba wistara yang kedua, maka akses sanitasi berdasarkan Smart STBM sampai dengan bulan Desember Tahun 2018 minimal 80%;
  4. Mengajukan Swastisaba wistara yang ketiga dan seterusnya maka, akses sanitasi berdasarkan Smart STBM sampai dengan bulan Desember Tahun 2018 sudah mencapai 100%.
  5. Dokumen KKS yang diusulkan oleh Tim Pembina Provinsi dikirim selambat-lambatnya pada 31 Maret 2019 pukul: 23:59 WIB
  6. mengikuti out line penyusunan dokumen KKS 2019
  7. bentuk Soft copy (PDF, dokumen dibuat folder-folder, disertai surat pernyataan kebenarannya yaitu hasil verfikasi (Form 1a dan 1b) dari Tim pembina Kab/Kota ditandatangani oleh Ketua Tim Pembina Provinsi/Ketua Bappeda Provinsi;  dengan melampirkan Surat Pengantar yang ditanda tangani oleh Gubernur;

Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat sekaligus Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018 menyampaikan hasil evaluasi penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten/Kota  yang telah dilakukan verifikasi dokumen (September 2018) dan verifikasi lapangan (15 sd. 29 Oktober 2018) dan hasil pleno menetapkan Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria Kabupaten/Kota Sehat adalah Kota Tangerang (Wistara 7 Tatanan), Kota CIlegon (Wistara 6 Tatanan), Kota Tangerang Selatan (Wistara 6 Tatanan), Kabupaten Tangerang (Wistara 5 Tatanan), KotaSerang (Padapa 2 Tatanan). Kabupaten/Kota tersebut akan mewakili Provinsi Banten untuk mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat Tahun 2019 ini.

Narasumber dari Bappeda Provinsi Banten, Kabid Sosial dan Pemerintahan (Nurmetia Prilliani, SKM, MKM) sebagai Ketua Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Banten menyampaikan akan melakukan pembinaan terpadu dengan OPD-OPD yang terlibat sebagai Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Provinsi ke Kabupaten/Kota secara bersama-sama.

Provinsi akan mensinkronkan Program Kabupaten/Kota Sehat dengan Program terkait lainnya yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (12 indikator), Indikator Keluarga Sehat (18 indikator), Kabupaten/Kota Layak Anak, Kabupaten Kota Hijau, Kabupaten Kota Inklusi, Kabupaten Kota Cerdas, Kabupaten Kota Aman Bencana dan Kabupaten Kota Peduli HAM. Sehingga diharapkan Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat lebih bersinergi.

Dalam kegiatan ini disepakati bahwa dokumen Kabupaten Kota Sehat yang akan dikirimkan ke Pusat diterima Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Banten Paling Lambat Tanggal 14 Maret 2019 yang selanjutnya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Tim Pembina Provinsi dan akan dikirimkan ke Kementerian Kesehatan RI untuk selanjutnya akan diverifikasi oleh Pusat.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran