Permudah Pembayaran Iuran Peserta, BPJS Kesehatan Kenalkan Program Menabung Sehat


SERANG – Rendahnya kesadaran peserta mandiri dalam melakukan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) membuat BPJS Kesehatan melakukan upaya dengan memperkenalkan Program Menabung Sehat bagi pesera JKN-KIS. Besarnya piutang segmen peserta mandiri menjadi salah satu alasan utama Program Menabung Sehat di perkenalkan pada Bulan Desember 2017. Sampai dengan Januari 2018 piutang iuran peserta JKN-KIS Banten mencapai 752.062 jiwa. Tingginya piutang tersebut diakibatkan karena kurangnya kesadaran dalam melakukan pembayaran untuk bergotong royong dalam mendukung program JKN-KIS.
Tercatat 3 Kabupaten/Kota dengan Peserta Menunggak tertinggi adalah Kabupaten Tangerang (220.267 Jiwa), Kota Tangerang Selatan (131.215 Jiwa) dan Kota Tangerang (123.980 Jiwa).


Program Menabung Sehat merupakan salah satu cara yang diperkenalkan untuk menekan tingginya angka tunggakan iuran BPJS Kesehatan dan memudahkan peserta JKN-KIS dalam mengelola pembayaran iurannya. Melalui dukungan dari 3 bank BUMN yaitu, BNI, Mandiri dan BRI serta Koperasi Nusantara BPJS Kesehatan memberikan kemudahan pada cara pembayaran yang bertujuan membantu pelunasan tunggakan iuran Peserta Mandiri. Melalui Program Menabung Sehat ini peserta JKN-KIS diajak untuk menyisihkan pendapatan mereka agar dapat membayar iuran Program JKN-KIS. Pendapatan yang disisihkan bisa dilakukan per hari, per minggu bahkan per bulan melalui ATM, transfer online ataupun ATM setor tunai. Jika nilai yang sudah terkumpulkan mencapai angka perhitungan iuran satu keluarga maka otomatis saldo akan terdebet sesuai dengan perhitungan iuran peserta.


Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung, Benjamin Saut mengungkapkan, fokus pihakya di tahun 2018, selain dari meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS juga memberikan kemudahan bagi peserta untuk melunasi tunggakan melalui pembayaran secara bertahap demi keberlangsungan Program JKN-KIS.


Selain dari cara pembayaran yang semakin mudah, kata dia, BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk memperluas akses pembayaran melalui chanel-chanel pembayaran seperti Indomaret, Alfamart, PT Pos, Agen-agen PPOB, Kader JKN, Tokopedia dan Mobile JKN (aplikasi android dan IOS).
“Upaya lain yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk menekan angka tunggakan iuran adalah setiap pegawai diberikan target melakukan tagihan melalui telekomunikasi langsung ke peserta menunggak melalui aplikasi ETA (Employee Telecollecting).


Program menabung ini didedikasikan pada masyarakat untuk kepentingan pembayaran iuran bulanan maupun tunggakan iuran Program JKN-KIS bagi Peserta Individu dengan skema mengangsur,” ujarnya.


https://www.bantennews.co.id/permudah-pembayaran-iuran-peserta-bpjs-kesehatan-


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran