Tak Selalu Nyeri Dada, Kenali 4 Tanda Lain Penyakit Jantung


Jakarta - Adanya gangguan pada jantung kerap ditandai dengan gejala umum seperti nyeri pada dada sebelah kiri. Namun, tak semua mengalami gejala yang sama. Hal inilah yang kerap menyebabkan kematian mendadak. Ini lebih sering terjadi pada wanita.

Rutin melakukan cek kadar tekanan darah dan kolesterol dapat mencegah seragan jantung yang mengerikan. Jangan anggap remeh lima tanda berikut karena berpotensi sebabkan penyakit jantung.

1. Nyeri di bagian dada

Tekanan yang terus menerus seperti beban berat yang menekan dada Anda, bisa jadi salah satu tanda nyeri akibat penyakit jantung. Memang, tanda nyeri ini tidak selalu terasa tajam, bisa juga rasa sakit yang halus dan terkadang terasa hingga ke bahu, lengan, leher atau rahang. Tetapi, nyeri di dada yang muncul selama atau setelah olahraga dan juga stres, bisa jadi pertanda masalah pada aliran darah.

2. Merasakan gejala seperti flu

Merasa mual, lelah dan mengalami keringat dingin bisa jadi pertanda aliran darah yang tidak cukup mengalir ke seluruh tubuh. Gejala ini sudah umum dialami banyak orang. Tapi, jika gejala tersebut mulai setelah melakukan aktivitas fisik, segera hubungi dokter Anda.

3. Sering pusing

Sering merasa pusing bisa jadi pertanda adanya penyumbatan atau masalah yang terkait katup, terutama jika jantung Anda berdebar-debar (palpitasi). Namun, berdasarkan penelitian terbaru sering merasakan pusing setiap kali Anda berdiri dengan cepat, dapat menjadi pertanda akan terjadinya gangguan jantung.

4. Merasa kelelahan

Banyak wanita dengan riwayat penyakit jantung merasakan lelah yang aneh selama beberapa minggu menjelang serangan. Mereka juga merasakan kesulitan tidur sebelum akhirnya penyakit jantung menyerang mereka.

5. Sesak napas

Apabila Anda merasakan sesak napas setelah melakukan aktivitas yang sangat ringan, serta sesak napasnya lebih parah dari sebelumnya, ini bisa jadi pertanda penyakit jantung. Waspadai rasa sesak yang semakin parah.

 

http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/ybDRp6ZK-tak-selalu-nyeri-dada-kenali-4-tanda-lain-penyakit-jantung


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran