Tahun 2017, Pemkot Serang Akan Bangun RSUD Kota Serang


 

SERANG – Walikota Serang Tb Haerul Jaman rupanya serius dengan niatnya untuk mendirikan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Serang. Jaman mengatakan bahwa pembangunan RSUD Kota Serang direncanakan dilakukan tahun 2017, sementara tahun 2018 sudah beroperasi. 

Jaman mengatakan bahwa Pemkot Serang akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp50 miliar untuk membangun RSUD Kota Serang. Pendirian rumah sakit ini dikatakannya untuk meningkatkan pelayanan kes‎ehatan bagi masyarakat Kota Serang. "Pembangunan rumah sakit juga merupakan visi-misi saya saat mencalonkan diri menjadi Walikota Serang," ujar Jaman.

Jaman menyatakan bahwa tahun ini pembuatan Detail Engineering Design (DED) akan dilakukan. Bila sudah selesai, maka anggaran pembangunan rumah sakit akan dimasukkan dalam APBD murni 2017. Sementara untuk waktu beroperasi ia memperkirakan tahun 2018 sudah dapat beroperasi. “Mudah-mudahan 2018 sudah bisa beroperasi,” katanya. 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Toyalis membenarkan tahun ini adalah proses pembuatan DED gedung RSUD Kota Serang. Pembuatan DED dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Serang. Sementara saat pengerjaan, yang melakukan adalah dinas kesehatan. “Pembangunannya ada pada Dinkes 2017,” katanya.

Toyalis mengungkapkan bahwa untuk tahap awal RSUD Kota Serang akan bertaraf tipe C. Rumah sakit jenis ini mampu melayani pasien sebanyak 50-100 orang, yang disesuaikan dengan jumlah tempat tidur. Setelah itu, nanti akan bertahap tipe rumah sakit dinaikkan ke level yang lebih tinggi. “Ini karena menyesuaikan dengan anggaran yang ada," tutur Toyalis.

Terkait lokasi RSUD Kota Serang, Toyalis mengatakan bahwa bila tidak salah lokasinya berada di Kelurahan Penancangan, berdekatan dengan kantor UPT Pemadam Kebakaran Kota Serang. Rumah sakit akan dibangun di atas tanah bengkok milik Pemkot Serang, sehingga tidak perlu ada pembebasan lahan lagi. “Kalau jumlah luas lahannya saya kurang tahu,” katanya seraya menambahkan bahwa bila ingin idela, maka lahan yang diperlukan untuk pembangunan rumah sakit adalah 20-30 meter. (K-2)


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran