Selamat Tahun baru Islam 1444 H


Tahun baru Islam ditandai dengan mulainya bulan Muharram. Bulan ini menjadi salah satu dari empat bulan mulia di dalam Islam selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab.
Makna Tahun Baru Islam :
1. momen Bertafakur dan Tadzakur
Dalam menyongsong tahun baru Islam, seorang mukmin hendaknya semakin menjadi insan yang suka tafakur (berpikir) dan tadzakkur (merenung)
Tafakur yang pertama, yaitu tafakur hisab atau intropeksi. Maksudnya adalah mengingat kembali dan menghitung amalannya yang telah diperbuat di tahun sebelumya. Setelah itu lalu dia teringat (tadzakkur) akan dosa-dosanya, hingga hatinya menyesal dan beristighfar memohon ampun kepada Rabbnya.
2. Momentum Menuju Kebaikan
Makna tahun baru Islam berikutnya adalah melahirkan kesadaran untuk senantiasa menuju kebaikan, serta semakin bermanfaat untuk seluruh manusia dan untuk semua alam semesta dengan semangat tulus ikhlas demi mendapatkan rahmat Allah.
3.Makna Pentinya Perdamaian.
Seperti yang telah disebutkan, Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram atau yang memiliki keistimewaan dan yang paling mulia. Hal ini karena segala perbuatan baik yang dilakukan akan balasan berlipat ganda oleh Allah SWT.
#TahunBaruIslam1444H


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran