PENGEMBANGAN MODEL PENYELENGGARAAN PENINGKATAN KESEHATAN DIKAWASA KUMUH MISKIN


Permasalahan Kesehatan perkotaan khususnya kelomppok Masyarakat miskin yang tinggal di kawasan pemukiman kumuh, sangat terkait dengan ketertiban lintas sector. Masalah Kesehatan yang muncul merupakan dampak dari pembangunan yang kurang berwawasan Kesehatan , sehingga peningkatan Kesehatan Masyarakatnya pendekatannya tidak hanya focus pada pelayanan Kesehatan semata serta hanya menekankan kondisi sehat atau sakit fisik secara medis saja, tetapi kepada seluruh aspek yang mempengeruhi kesejahteraan Masyarakat termasuk sarana dan prasarana lingkungan fisik serta perilaku hidup bersih dan sehat di tempat dimana mereka tinggal.

Mengingat banyaknya determinan Kesehatan di perkotaan, maka perlu dilakukan pendekatan sesuai masalah Kesehatan yang dihadapi. Penyediaan sarana Kesehatan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan Masyarakat, pembangunan jejaring kerjasama antara stakholders, peningkatan peran serta Masyarakat harus menjadi komitmen bersama untuk meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat setinggi-tingginya.

Penyelenggaraan Kesehatan difokuskan pada upaya terpadu dengan lintas sektor terkait melalui forum kota untuk peningkatan Kesehatan dikawasan kumuh/miskin perkotaan. Berkenaan dengan hal tersebut, Kementrian Kesehatan RI perlu membuat suatu model penyelanggaraan peningkatan Kesehatan di kawasan kumuh miskin perkotaan

sumber :

Direktorat Jendral Bina Gizi dan KIA KEMETRIAN KESEHATAN RI


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran