Orientasi Pelaksanaan Kegawatdaruratan Bagi Masyarakat Awam


Curug - Sesuai dengan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dalam upaya meningkatkan akses pelayanan Kesehatan kepada masyarakat Provinsi Banten diselenggarakan Orientasi Pelaksanaan Kegawatdaruratan Bagi Masyarakat Awan.

Situasi gawat darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan setiap orang untuk dapat mengantisipasi kejadian gawat darurat tersebut untuk menghindari kematian maupun mengurangi tingkat kecacatan yang ditimbulkan.

Data terkini mengenai kematian baik karena kecelakaan ataupun kejadian henti jantung dan henti nafas selama ini cukup banyak, terutama pada area prehospital. Manajemen pertolongan keadaan gawat darurat pada area tersebut sampai saat ini  masih jauh dari yang diharapkan.

Kegiatan yang diikuti oleh Forum Kader Posyandu Provinsi/Kabupaten/Kota, TP-PKK Provinsi serta beberapa guru sekolah di wilayah Provinsi Banten ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Banten dalam memperkuat lini terdepan dalam penanganan kasus kegawatdaruratan di fasilitas kesehatan, baik FKTP maupun FKTRL termasuk melatih masyarakat awan dalam penanganan gawat darurat sesuai kapasitasnya.

Pertemuan ini  bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada masyarakat awam mengenai kejadian gawat darurat dan penatalaksanaannya sesuai kapasitasnya dan mempersiapkan masyarakat untuk tetap siap siaga menghadapi kejadian gawat darurat yang terjadi sehari-hari seperti kasus kecelakaan ataupun kasus yang mengancam jiwa bila tidak segera ditangani (henti jantung, henti nafas dan sumbatan jalan nafas). Namun tujuan terpenting adalah dapat membentuk komunitas masyarakat yang memahami peran dan fungsinya dalam sistem penanggulangan gawat darurat terpadu di daerahnya masing-masing.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran