PERTEMUAN KONSOLIDASI PENGUKURAN KEBUGARAN JASMANI


Serang, 09–10 April 2019

Ahmad darajat,spd,skm,mkm, Kabid kesmas dinkes Banten

Curug - Pada kegiatan pertemuan konsolidasi pengurukan kebugaran  ini berlangsung selama 2 hari yakni pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 09 – 10 April 2019 yang bertempat di Le Semar Hotel Serang. Dihadiri oleh peserta berjumlah 30 orang terdiri dari :

1. Pemegang Program Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kab/Kota, 2. Pemegang Program Kesehatan Kerja dan Olahraga Puskesmas, Labkesda Prov. Banten, serta semua Bidang yang ada di Dinas Kesehatan Prov. Banten (Kesmas, P2P, SDK, Yankes dan Sekretariat).

Kenapa mereka kami undang, agar nanti setelah pertemuan ini diharapkann dapat mengembangkan kemampuannya meningkatkan olah raga serta menilai kebugaran dari mulai atasan sampai dengan staf dan dapat melaksanakan kegian olah raga dan mengukur kebugarannya di tempatnya masing-masing.

Tujuan dari kegiatan “Pertemuan Konsolidasi Pengukuran Kebugaran”:

  1. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku masyarakat untuk melakukan kegiatan aktivitas fisik atau olahraga sehingga menjadi upaya hidup sehari-hari.
  2. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku masyarakat untuk melakukan kegiatan aktivitas fisik atau olahraga sehingga menjadi upaya hidup sehari-hari.
  3. Meningkatnya kerjasama lintas program dan lintas sector
  4. Meningkatkan olah raga bagi instansi dan lembaga
  5. Meningkatkan koordinasi dalam pengelolaan dan mengholahragakan masyarakat
  6. Meningkatkan pengetahuan Untuk mengukur  tingak kebugaran individu dan kelompok.

Paparan  tenteng manfaat kesehatan olah raga 

Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan.   Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan undang-undang No.  36 tahun 2009 tentang kesehatan. Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh   semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, Dalam Undang-Undang Kesehatan tersebut pada  Bab VI bagian sembilan pasal 80 dan 81 dinyatakan bahwa upaya kesehatan olahraga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, sebagai upaya dasar dalam meningkatkan prestasi belajar, prestasi kerja dan prestasi olahraga, melalui aktivitas fisik, latihan fisik, dan olahraga. Upaya kesehatan olahraga lebih mengutamakan pendekatan preventif dan promotif tanpa mengabaikan pendekatan kuratif dan rehabilitatif, harus disadari bahwa aktifitas fisik harus dilakukan oleh semua golongan umur, lakukan setiap hari minimal 30 menit saja, hilangkan rasa malah, dimana kita dapat melakukan aktifitas fisik, di rumah,di kantor  di sekolah dan ditempat kita berkeja selamat mencoba.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran