Ini Fakta Soal Radiasi HP Bisa Sebabkan Kanker dan Otak Mengecil


Kabar yang menyebutkan bahwa radiasi sinyal handphone menyebabkan kanker dan bisa membuat otak mengecil, dipastikan tidak benar dan hoaks. Hal itu ditegaskan oleh Dokter spesialis saraf RS Royal Surabaya dr Bambang Kusnardi SpS.

Bambang menjelaskan, radiasi memang bisa menyebabkan kanker, namun dalam dosis besar. Sedangkan radiasi ponsel tergolong tidak terlalu besar.

Selain soal besarnya radiasi, kanker juga akan tumbuh ketika paparan berlangsung cukup lama.

“Gelombang radiasi pada telepon genggam memang tidak terlalu besar. Sehingga kemungkinan untuk menyebabkan kanker juga sedikit,” jelas Bambang, dilansir JawaPos.com.

Menurut Bambang, kanker merupakan penyakit yang disebabkan banyak faktor. Hingga sekarang para ahli belum bisa memastikan penyebab pasti kanker.

Penyebab kanker bisa dari keturunan. Artinya, mereka yang punya riwayat keluarga pengidap kanker bisa memiliki risiko tersebut. Selain itu, faktor lainnya adalah soal makanan yang dikonsumsi.

Sementara itu, dokter spesialis anak RS Khatolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya dr Irma Lestari SpA menambahkan, paparan handphone merupakan salah satu faktor pemicu.

”Namun jika otaknya sampai mengecil itu tidak benar alias hoaks,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos.

Sampai saat ini juga tidak ada bukti klinis yang kuat. Jurnal ilmiah kedokteran memang sudah ada yang membahas keterkaitan handphone dengan kanker otak.

Namun pendapat itu tidak disetujui semua ahli medis. Meski begitu, Irma mengingatkan agar anak kecil lebih baik dijauhkan dari ponsel.

Sebab, secara anatomi tengkorak si kecil masih tipis. Selain itu otak bayi dan anak-anak mudah menyerap radiasi.

Justru yang berbahaya adalah ketika radiasi tersebut terkumpul dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan kanker otak, menurut Irma, paparan radiasi telepon genggam juga diduga bisa menyebabkan leukemia dan tumor di saraf pendengaran.

 

http://www.radarbanten.co.id/ini-fakta-soal-radiasi-hp-bisa-sebabkan-kanker-dan-otak-mengecil/


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran