Banten Raih Peringkat Keempat Dalam Keterbukaan Informasi Publik


“Tahun lalu Provinsi Banten peringkat Kedelapan,” terang Ade Jahran, Komisioner Komisi Informasi (KI) Banten yang turut hadir dalam penyerahan anugerah tersebut.

Anugerah yang diterima oleh Asisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda II) Setda Pemprov Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, diserahkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat John Fresly didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Indikator penganugerahan ini berdasarkan penyediaan informasi publik dan penyebarannya serta akses warga dalam memperoleh informasi," ucap Ade Jahran.

Pada kesempatan tersebut, Komisioner KI Banten menyebutkan, bahwa Pemprov Banten berada di bawah Provinsi Jawa Timur yang berada di peringkat pertama, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam di peringkat dua, dan Provinsi Kalimatan Timur di peringkat tiga. Peringkat Banten lebih baik di atas Provinsi Sumatera Selatan di peringkat lima dan Provinsi DKI Jakarta yang berada di peringkat enam.

“Ini hadiah untuk Pemprov Banten. PPID utama di Pemprov Banten cukup bagus. Kami berharap kedepan bisa lebih baik lagi dan terbuka. Ada atau tidak ada pemeringkatan, Pemprov Banten harus tetap terbuka,” jelas Ade Jahran.

Sementara itu, Asda II Pemprov Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati mengaku bersyukur karena peringkat Pemprov Banten lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Asda II Pemprov Banten memberikan apresiasi atas upaya dari seluruh SKPD dilingkungan Pemprov Banten yang terus melakukan perbaikan dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Kami juga terus membenahi PPID utama maupun PPID Pembantu yang ada di masing-masing SKPD, karena sampai saat ini diakui sarana pendukung dan SDM di PPID perlu terus ditingkatkan kemampuannya,” ungkap Asda II.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Banten H. Deden Apriandhi, S.STP., M.Si., mengatakan mengenai keterbukaan informasi badan publik untuk kategori pemerintahan, Provinsi Banten kembali menorehkan tinta emas. Dimana, Provinsi Banten berhasil menduduki peringkat keempat Tingkat Nasional.

"Peringkat kali ini naik empat level dari pada tahun lalu. Pada tahun 2015, Provinsi Banten hanya berada di peringkat delapan. Ini hasil kerja keras kita bersama dan Alhamdulillah tahun ini kita naik peringkat," kata Karo Humas dan Protokol.

Karo Humas dan Protokol menambahkan, Pemprov Banten terus berupaya mendorong agar presentasi Provinsi Banten dalam keterbukaan informasi ini menjadi lebih baik.

"KIP Banten pun sangat membantu kita. Berkat bimbingan mereka, Pemrov bisa naik peringkat," ungkap Karo Humas dan Protokol Banten.

Berikut Data Peringkat Anugerah Keterbukaan Informasi Tahun 2016, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Provinsi Jawa Timur

2. Provinsi Aceh

3. Provinsi Kalimantan Timur

4. Provinsi Banten

5. Provinsi Sumatera Selatan

6. Provinsi DKI Jakarta

7. Provinsi Kalimantan Barat

8. Provinsi Jawa Tengah

9. Provinsi Nusa Tenggara Barat

10. Provinsi Sumatera Barat

 

Sumber : http://bantenprov.go.id/read/berita-pimpinann/4725/Banten-Raih-Peringkat-Keempat-Dalam-Keterbukaan-Informasi-Publik.html


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan