Logo SKPD Provinsi Banten

HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA (HKJS)

BeritaHARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA (HKJS)

HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA (HKJS)

TANGGAL, 10 OKTOBER 2015

OLEH : AHMAD DARAJAT, SKM,MKM

MOTTO KAMI :

 JIKA MENEMUKAN ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI GANGGUAN KEJIAWAAN MAKA SEGERA :

”BANTU, LINDINGI,OBATI, DAN MANDIRIKAN ”

AGAR KELAK DAPAT MEMBERIKAN KONTRIBUSI BESAR KEPADA   PEMERINTAH SETELAH  MEREKA  TERTANGANI DENGAN BAIK DAN  SEMBUH.....

HAK ORANG DENGAN MASALAH KESEHATAN (ODMK) DAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) SERING TERABAIKAN, BAIK SECARA SOSIAL MAUPUN HUKUM, SECARA SOSIAL MASIH TERDAPAT STIGMA DI MASYARAKAT SEHINGGA KELUARGA MENYEMBUNYIKAN KEBERADAAN ANGGOTA KELUARGA MEREKA YANG MENDERITA GANGGUAN JIWA. HAL INI MENYEBABKAN TERBATASNYA AKSES ODMK DAN ODGJ TERHADAP LAYANAN KESEHATAN. SEDANGKAN SECARA HUKUM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG ADA BELUM KOMPREHENSIF SEHINGGA MENGHAMBAT PEMENUHAN HAK ODMK DAN ODGJ.  SETIAP TANGGAL 10 OKTOBER, DI PERINGATI SEBAGAI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA (HKJS), PADA HARI SABTU, 10 OKTOBER 2015, SEGENAP BANGSA DI DUNIA TERMASUK INDONESIA TELAH MEMPERINGATINYA, TAHUN INI HKJS ( HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA ) DENGAN  TEMA ”MARTABAT DALAM KESEHATAN JIWA”, TEMA INI ADALAH SEBUAH SERUAN/AJAKAN MENGHILANGKAN STIGMA, DISKRIMINALISASI DAN MARGINALISASI TERHADAP ORANG DENGAN MASALAH KEJIWAAN (ODMK) DAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ).

ISSUE GANGGUAN JIWA MENJADI SUATU KEPRIHATINAN DI INDONESIA, TERMASUK DI PROVINSI BANTEN, KARENA INDONESIA MERUPAKAN NEGARA YANG MEMILIKI PERINGKAT TERENDAH DALAM HAL PENYEDIAAN LAYANAN KESEHATAN JIWA DI DUNIA, PENDERITA GANGGUAN JIWA BERAT (SCHIZOFRENIA) SERING MENGALAMI KEKERASAN DAN PEMASUNGAN OLEH KELUARGA, ITU SEMUA TERJADI KARENA KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGENALI GANGGUAN MENTAL SEBAGAI PENYAKIT YANG BERHAK MENDAPATKAN PELAYANAN DAN PERHATIAN YANG SAMA SEPERTI PENYAKIT FISIK.

            KESEHATAN JIWA TIDAK AKAN PERNAH MENJADI PRIORITAS PEMBANGUNAN KESEHATAN SELAMA TERSTIGMA PADA MASYARAKAT HANYA BERBICARA TENTANG KASUS-KASUS GANGGUAN JIWA EKSTREM, SEPERTI GELANDANGAN PSIKOTIK, DISORIENTASI SUDAH LUPA TERHADAP DIRINYA SENDIRI SEHINGGA  PAKAIANPUN YANG DIA KENAKAN ENTAH DIMANA, SAMPAI BERTELANJANG BULAT DITEPI JALAN DAN TERABAIKAN OLEH SISTEM. GANGGUAN JIWA TIDAK HANYA MENCAKUP PSIKOTIK, SEPERTI SCHIZOFRENIA, TAPI JUGA KASUS-KASUS NEUROTIK SEPERTI DEPRESI DAN KECEMASAN, TANPA KITA SADARI SEBENARNYA DALAM FASE KEHIDUPAN KITA PUN PERNAH MENGALAMI MASALAH KEJIWAAN, SEHINGGA SUDAH SELAYAKNYA KITA MENEMPATKAN DAN MEMPERJUANGKAN KESEHATAN JIWA SEBAGAI HAL YANG PALING MENDASAR DAN PRIORITAS.

BERKAITAN DENGAN KESEHATAN JIWA DI PROVINSI BANTEN, BERDASARKAN HASIL RISET KESEHATAN DASAR TAHUN 2013 DIDAPATKAN DATA SEBAGAI BERIKUT : PREVALENSI GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL BERUPA DEPRESI DAN CEMAS PADA MASYARAKAT BERUMUR DIATAS 15 TAHUN MENCAPAI 6,0 PERSEN YAITU SEKITAR 535.500 ORANG MENGALAMI MASALAH KEJIWAAN, PREVALENSI GANGGUAN JIWA BERAT/SKIZOFRENIA SEBESAR SEBESAR 0,11 PERSEN ATAU SEKITAR 11.550 ORANG MENGALAMI GANGGUAN JIWA, DAN ODGJ YANG MENGALAMI PEMASUNGAN SEBESAR 14,3 PERSEN ATAU SEKITAR 1.650 KASUS ODGJ YANG DIPASUNG, JUMLAH INI CUKUP MODERAT DAN PENDERITA GANGGUAN JIWA LEBIH BANYAK DIALAMI MEREKA YANG BERPENDIDIKAN RENDAH, HIDUP DALAM KONDISI EKONOMI DAN SOSIAL YANG RENDAH, KEADAAN INI MENUNJUKAN BAHWA MASYARAKAT HIDUP DALAM KONDISI EMOSI DAN KONDISI KEJIWAAN YANG BERMASALAH. KESEHATAN JIWA ADALAH BAGIAN YANG PALING BANYAK TERINTEGRASI DALAM SEMUA ASPEK KEHIDUPAN, SEPERTI DIBIDANG PENDIDIKAN, HUKUM, PERLINDUNGAN ANAK DAN PEREMPUAN, KESEHATAN, SOSIAL, BUDAYA BAHKAN POLITIK DAN KEAMANAN. MASALAH KESEHATAN JIWA TIDAK HANYA MENYENTUH ASPEK KESEHATAN, SOSIAL BUDAYA, HUKUM DAN HAK AZASI MANUSIA SAJA, TETAPI TIDAK KALAH PENTING ADALAH MASALAH EKONOMI ATAU PENDAPATAN, DENGAN DIPEROLEHNYA ANGKA ESTIMASI GANGGUAN JIWA BERAT DI PROVINSI BANTEN KITA DAPAT MENGHITUNG BERAPA POTENSIAL EKONOMI YANG HILANG PER BULAN KARENA SDM YANG TIDAK PRODUKTIF, ESTIMASI POTENSI EKONOMI YANG HILANG DI PROVINSI BANTEN PER BULAN ADALAH SEBESAR 36 MILYAR, BILA DIKALIKAN DALAM SATU TAHUN BERARTI SEKITAR 432 MILYAR PROVINSI BANTEN MENGALAMI KERUGIAN EKONOMI, KERUGIAN TERSEBUT MELIPUTI HILANGNYA PRODUKTIVITAS SESEORANG SERTA BEBAN EKONOMI DAN BIAYA KESEHATAN YANG HARUS DI TANGGUNG OLEH KELUARGA DAN NEGARA.

BERANGKAT DARI ANALISA BESARAN MASALAH TERSEBUT MAKA PEMERINTAH PROVINSI BANTEN TELAH MELAKUKAN BERBAGAI UPAYA UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN JIWA YANG OPTIMAL BAGI SETIAP INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT DI PROVINSI BANTEN, UPAYA YANG TELAH KAMI LAKUKAN DIANTARANYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT : BEBERAPA UPAYA YANG DILAKUKAN DINAS KESEHATAN PROVINSI BANTEN DALAM AGAR SEGERA DIPAHAMI OLEH LAPISAN MASYARAKAT DENGAN CARA :

  1. MENINGKATKAN KETERAMPILAN PETUGAS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN JIWA SERTA MENGINTEGRASIKAN PELAYANAN KESEHATAN JIWA DI PUSKESMAS
  2. MENYEDIAKAN LOGISTIK OBAT PROGRAM KESEHATAN JIWA
  3. MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KADER SERTA PENGGIAT KESEHATAN JIWA MASYARAKAT DALAM HAL MELAKUKAN DETEKSI DINI KESEHATAN JIWA MASYARAKAT
  4. MELAKUKAN KEGIATAN PEMBINAAN DAN BINTEK PELAYANAN KESEHATAN JIWA OLEH DOKTER SPESIALIS KEDOKTERAN JIWA DI LAYANAN RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS
  5. MELAKUKAN KOORDINASI, SINKRONISASI DAN INTEGRASI KEGIATAN DENGAN LINTAS PROGRAM DAN LINTAS SEKTOR TERKAIT
  6. MELAKUKAN PROMOSI DAN PUBLIKASI PROGRAM KESEHATAN JIWA MELALUI MEDIA ELEKTRONIK
  7. MELAKUKAN PSIKOEDUKASI KESEHATAN JIWA, PENJANGKAUAN KASUS PASUNG TERMASUK PEMBEBASAN ODGJ DARI PEMASUNGAN.
  8. DAN MELAKSANAKAN AMANAH UU NO. 18 TENTANG KESEHATAN JIWA TAHUN 2014 PADA PASAL 52 YAITU MERINTIS PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT JIWA DI PROVINSI BANTEN.

PADA KESEMPATAN YANG SANGAT LUAR BIASA INI KAMI PUN BERKOMITMEN UNTUK MENEMPATKAN UPAYA KESEHATAN JIWA SEBAGAI PRIORITAS BERSINERGI DENGAN LINTAS PROGRAM, LINTAS SEKTOR DAN DUKUNGAN PENUH DARI SELURUH ELEMEN MASYARAKAT.

BERTEPATAN DENGAN PERINGATAN HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA PADA TAHUN INI, LANGKAH KONKRIT TELAH DITUNJUKKAN OLEH MAHASISWA/MAHASISWI YANG TERGABUNG DALAM BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) UNTUK MENGGALANG DUKUNGAN DARI SEGENAP ELEMEN DAN KEKUATAN YANG ADA MEWUJUDKAN GERAKAN INDONESIA YANG RAMAH ODMK DAN ODGJ SELANJUTNYA JUGA BERTEPATAN DENGAN HUT BANTEN YANG KE – 15 SERTA PERINGATAN HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA TAHUN 2015 INI PEMERINTAH PROVINSI BANTEN TELAH MENCANANGKAN GERAKAN “BANTEN BEBAS PASUNG TAHUN 2019” , DENGAN TELAH DIBEBASKANNYA SAUDARA KITA YANG MENGALAMI PEMASUNGAN DI KECAMATAN PONTANG KAB. SERANG. LANGKAH-LANGKAH KONKRIT YANG TELAH KITA BANGUN BERSAMA INI ADALAH UNTUK MEMPERJUANGKAN  MARTABAT DALAM KESEHATAN JIWA. SEKIAN.